Kajian Literasi Terapan
Berbasis Konten Lokal
Tahun 2022

Sebagai institusi pengembang pengetahuan masyarakat, Perpustakaan Nasional RI juga terlibat aktif dalam proses pengembangan pengetahuan melalui proses pengembangan budaya menulis di Indonesia. Pengetahuan yang tercipta di seluruh wilayah Indonesia, berkembang pada masing – masing daerah, diperlukan sebuah upaya penyebaran informasi melalui pengembangan buku tercetak. Hal ini akan memberikan pertumbuhan budaya literasi secara berkelanjutan, di seluruh Indonesia. Melalui pelaksanaan kegiatan Kajian Literasi Berbasis Konten Lokal diharapkan terjadi pertumbuhan buku secara berkelanjutan, sehingga menghasilkan perkembangan literasi secara berkelanjutan.

...

Literasi Terapan

Kemampuan literasi menjadi dasar dalam penerapan pengembangan budaya yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Budaya sebagai sebuah sistem gagasan dan rasa, sebuah tindakan serta karya yang dihasilkan oleh manusia yang di dalam kehidupannya yang bermasyarakat. Kebudayaan dipahami sebagai hasil karya, cipta, rasa serta tindakan dan gagasan yang ada dalam rangka kehidupan masyarakat yang diturunkan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Proses turun temurun antar generasi melalui proses penyampaian informasi secara berkelanjutan untuk dijadikan milik manusia pada masa yang sekarang dan yang akan datang.

Perpustakaan Nasional RI sebagai lembaga pengelola informasi mempunyai kepentingan untuk menerapkan kemampuan literasi terapan berbasis konten lokal sebagai penyampaian nilai budaya. Literasi digunakan untuk menyampaikan nilai – nilai budaya yang ada dan hidup di masyarakat melalui cerita yang tumbuh berkembang bersama dalam keseharian masyarakat. Nilai baik dalam keseharian masyarakat disampaikan melalui cerita cerita yang tumbuh dan berkembang di masyarakat. Perpustakaan Nasional RI mempunyai peran dalam melestarikan dan menyampaikan cerita – cerita tersebut untuk dapat disampaikan sebagai sebuah hasil kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.

Perpustakaan sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa harus hadir sebagai sistem sosial yang inklusif di masyarakat yang dapat terjangkau secara terbuka, mudah, dan murah dengan basis teknologi informasi untuk peningkatan budaya literasi masyarakat.

Sebagai instansi pengumpul informasi dan pengetahuan yang ada di masyarakat, Perpustakaan Nasional RI juga perlu melakukan management pengetahuan itu sendiri sebagai usaha – usaha menciptakan pengetahuan melalui konten lokal yang berasal dari masyarakat yang tumbuh dan berkembang secara organik di masyarakat. Perpustakaan Nasional RI menjadi pusat repositori pengetahuan bangsa yang juga menciptakan budaya pengetahuan masyarakat. Melalui penulisan mengenai pengetahuan yang berkembang di masyarakat, Perpustakaan Nasional RI menjadi rumah bagi ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang tumbuh dan berkembang di masyarakat menjadi hal yang penting dalam pengembangan ilmu pengetahuan secara keseluruhan. Perpustakaan Nasional RI menjadi pioneer pada proses knowledge management untuk dapat dilakukan secara masif dan berkelanjutan sebagai pengembangan peran perpustakaan di Indonesia.

Hadiah Bagi Pemenang

Para pemenang utama akan mendapatkan berbagai hadiah menarik. Dan 15 tulisan terbaik akan dimuat dalam antologi yang akan diterbitkan oleh Perpustakaan Nasional RI.

...

Seleksi dan penilaian

Mekanisme seleksi dan penilaian naskah buku Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal 2022 dilakukan melalui tahap:

  1. Publikasi dan pengumuman Pengumpulan naskah dari keseluruhan peserta yang mengikuti Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal Tahun 2022, proses seleksi menghasilkan 15 (lima belas) naskah buku terpilih;
  2. Penulis 15 (lima belas) naskah buku akan dihubungi oleh panitia untuk selanjutnya mendapatkan mentoring dan pendampingan secara daring (online);
  3. Tahap selanjutnya yaitu 15 (lima belas) penulis naskah terpilih, akan mendapatkan pendampingan dan workshop secara daring dari mentor yang terdiri dari dewan juri;
  4. Finaslisasi naskah Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal;
  5. Penerbitan buku dan publikasi 15 (lima belas) buku terpilih dalam Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten 2022.
...
...
...

Kriteria Penilaian

Kriteria penilaian pada Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal Tahun 2022 berdasar pada:

  1. Kebermanfaatan pengetahuan berbasis konten lokal
  2. Sistematika penulisan
  3. Tata bahasa dan ejaan
  4. Pesan/informasi
...

Tahapan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal Tahun 2022 dilaksanakan berdasar beberapa tahap yaitu:

  1. Pengumuman pelaksanaan kegiatan Kajian Konten Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal
  2. Pendaftaran peserta
  3. Seleksi naskah buku Kajian Konten Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal
  4. Pendampingan/workshop secara daring terhadap penulisan naskah buku terpilih
  5. Layout naskah buku Kajian Konten Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal
  6. Pencetakan buku Kajian Konten Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal
  7. Pengumuman publikasi buku Kajian Konten Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal
...

Dewan Juri

Dewan Juri Kajian Literasi Terapan Berbasis Konten Lokal Tahun 2022, terdiri dari:

Drs. Supriyanto, M.Si.

Tenaga Ahli Perpustakaan Nasional RI

Nelwaty, SS., M.Si.

Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI

Dr. Ir. Achmad Fachrodji

Direktur Utama PT. Balai Pustaka

Dr. Nina Mayesti, M.Hum.

Akademisi Bidang Perpustakaan

Gol A Gong

Duta Baca Indonesia dan Penulis

Para Peserta

Peserta terdiri dari berbagai kalangan, usia, profesi dan daerah.

To Top