Perpustakaan Nasional RI

Lomba Bertutur Tingkat Nasional 2021

Daftarkan Peserta

Lomba Bertutur Tingkat Nasional Tahun 2021

Tahun 2021 ini, dalam rangka terus menumbuhkan budaya membaca masyarakat, khususnya sejak usia dini, Perpustakaan Nasional kembali melaksanakan Lomba Bertutur Bagi Siswa dan Siswi Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida'iyah (SD/MI) Tingkat Nasional.

Siapa peserta Lomba Bertutur Tingkat Nasional?

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, peserta Lomba Bertutur Tingkat Nasional adalah siswa/siswi yang menjadi pemenang lomba Bertutur di tingkat provinsi.

Untuk apa aplikasi ini?

Dalam proses persiapan pelaksanaan Lomba Bertutur Tingkat Nasional tersebut, perlu disiapkan data-data terkait para peserta, dan pihak yang terlibat dari provinsi masing-masing (Kepala Dinas Perpustakaan dan pebimbing resmi peserta). Oleh karena itu, agar proses inventarisasi data peserta lebih mudah dan terorganisir, maka disiapkan aplikasi pendaftaran peserta Lomba Bertutur Tingkat Nasional ini.

Langkah-langkah Registrasi

Registrasi

Para peserta (dibantu pembimbing atau pihak Dinas Perpustakaan) diharuskan login ke halaman akunnya untuk dapat melengkapi data dan mengupload dokumen-dokumen yang diperlukan melalui aplikasi ini. Untuk itu, peserta harus terlebih dahulu melakukan registrasi/pendaftaran untuk mendapatkan username dan password, dengan mengisi form pada halaman pendaftaran.

Login

Setelah mendaftarkan diri dengan mengisi biodata pada form pendaftaran, langkah selanjutnya para peserta login ke menu akun. Untuk username dan password secara default diisi dengan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dari masing-masing peserta, yang sebelumnya diinput pada form pendaftaran.

Update Password

Setelah berhasil login, disarankan untuk segera mengupdate password akun di menu Ubah Password. Dan pastikan password tidak diberikan kepada orang yang tidak berkepentingan.

Lengkapi Data

Selanjutnya Anda diminta untuk melengkapi data-data terkait peserta. Anda bisa melengkapi data pada menu Edit Biodata. Pada laman ini peserta dapat melengkapi/mengubah kembali/memperbaiki data pribadi, data sekolah, data Kepala Dinas Perpustakaan dan pembimbing peserta.

Upload Dokumen

Terakhir, peserta (dibantu pembimbing atau pihak Dinas Perpustakaan) diminta untuk mengupload dokumen-dokumen yang diperlukan, di antaranya: foto peserta, foto kepala dinas, materi lomba, SK pemenang tingkat provinsi, berita acara lomba tingkat provinsi, dan SK pembimbing resmi peserta.

Para Juara

Juara Lomba Bertutur Nasional Tahun 2020

LATISYA ARWA JOSSI

Peserta asal Provinsi Kepulauan Riau ini mendapat nilai tertinggi dari dewan juri setelah membawakan cerita berjudul "Asal-Usul Pulau Tapai".

Juara I Tahun 2020 | Provinsi Kepulauan Riau

RIFHAN HIJAZI

Peserta asal Provinsi Jambi, berhasil menjadi runner-up setelah membawakan cerita berjudul "Tung-Tung Gasing" dengan baik.

Juara II Tahun 2020 | Provinsi Jambi

MAYA DWI ANDINI

Cerita "Kisah Sang Bagalbo Sakti Dari Gua Gunung Wangi" yang dibawakan dengan apik, membuat peserta asal Provinsi Jawa Tengah ini meraih posisi ketiga.

Juara III Tahun 2020 | Provinsi Jawa Tengah
Dewan Juri

Juri Lomba Bertutur Nasional Tahun 2021