Sejarah Pusat

Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca (Pusat P3MB) terbentuk berdasarkan Keputusan Kepala Perpustakaan Nasional No. 3 Tahun 2001 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Pusat P3MB merupakan unit kerja setingkat Eselon II di bawah Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan.

Pada tahun 2001, Drs. Rahmat Natadjumena diangkat sebagai Kepala Pusat P3MB untuk pertama kali. Yang kemudian dilanjutkan oleh Drs. Idris Kamah, dan selanjutnya Kepala Pusat P3MB dijabat oleh Dra. B. Rohingah.

Selanjutnya pada tahun 2003, Sumardjo, SE. diangkat sebagai pengganti Kepala Pusat sebelumnya. Kepala Pusat P3MB juga pernah dijabat oleh Drs. Widiyanto, M.Si. yang dilanjutkan oleh T. Syamsul Bahri, SH., M.Si., sampai tahun 2010. Kemudian pada tahun tersebut Pusat P3MB dipimpin oleh Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. (sekarang menjabat sebagai Kepala Perpustakaan Nasional), sampai dengan tahun 2016. Pusat P3MB kemudian dipimpin oleh Drs. Deni Kurniadi, M.Hum. hingga 2020.

Pada 2020, Perpustakaan Nasional melakukan perombakan dan restrukturisasi organisasi. Dengan keluarnya Peraturan Perpustakaan Nasional RI No. 4 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perpustakaan Nasional, unit kerja eselon III yang berada di bawah Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca berkembang menjadi unit kerja eselon II. Salah satu yang terbentuk adalah Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca. Kemudian jabatan Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca diemban oleh Dr. Adin Bondar, M.Si, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian Perencanaan.